Sejarah Transfer Data Infrared Hingga Bluetooth dan NFC

Juni 24, 2019 | By Author

Blog

Sobat Padinetter, semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini, salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah berbagi data baik dalam bentuk gambar, suara atau lainnya. Mari kita bahas perkembangan teknologi berbagi data dengan gadget dari masa ke masa.

 

1. Infrared

Infrared pertama kali ditemukan oleh astronom kelahiran Jerman  pada tahun 1800 yang bernama William Harschel. Di dunia telekomunikasi, infrared dikembangkan sebagai penghubung antar perangkat berjarak pendek lewat LED. Teknologi ini mulai diperkenalkan pada tahun 1997, melalui Nokia  6110 yang menghadirkan inovasi mobile game dengan menggunakan teknologoi infrared di game Snake.

Teknologi yang digunakan secara praktis ternyata banyak diminati oleh berbagai kalangan dan hal ini menjadi penanda dimulainya mobile sharing menjadi popular. Nokia sebagai penggebrak teknologi menanam infrared di perangkatnya lewat fungsi yang nyata: file sharing dan jaringan game.

 

 2. Bluetooth

Bluetooth muncul seiring dengan kebutuhan file sharing yang semakin besar.  Para vendor seperti Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba dengan sepakat untuk bersama mengembangkan teknologi Bluetooth di perangkat mereka.

Teknologi ini mulai dikembangkan oleh Ericsson pada tahun 1994. Untuk membuat mobile sharing menjadi lebih cepat dan akomodatif mengeksekusi data ukuran yang agak besar. Jika infrared memaksa kita untuk mendekatkan setiap perangkat untuk berbagi data. Dengan Bluetooth bisa lebih fleksibel. Jarak antar perangkat bisa lebih jauh dengan kecepatan pengiriman data yang signifikan. Bluetooth menggunakan frekuensi radio khusus untuk mengirim data yang  lebih efektif dibandingkan menggunakan Infrared.

 

3. Wi-Fi

Wi-Fi merupakan teknologi lainnya yang hadir dan diaplikasikan di berbagai perangkat mobile. Wi-fi memiliki kinerja yang lebih tinggi. Jarak yang lebih jauh dan kecepatan yang tinggi dalam mengirimkan data merupakan kelebihan mekanisme Wi-Fi.

Teknologi ini dikembangkan pada 1985 oleh US Federal Communication Commision. Fungsi Wi-Fi dirasakan pada akhir tahun 1990-an sebagai perkembangan diri  blue print-nya yang bernama IEEE 802.11.

 

4. NFC

Near Field Communication (NFC) hadir sebagai salah satu teknologi termuda yang hadir saat ini yang memungkinkan penggunanya saling mengirimkan file tanpa perlu bantuan kabel dan bermain game dengan tingkat keamanan selevel diatas pendahulunya.

NFC dikembangkan ooleh NXP Semiconductors dan Sony pada tahun 2002 yang awalnya digunakan sebagai perantara pembayaran di Amerika Serikat. Penggunaan NFC bisa digabungkan dengan Wi-Fi atau Bluetooth sesuai dengan fungsi dan kecepatan yang dibutuhkan.