5 Virus Berbahaya Yang Menyerang Komputer

Juni 10, 2019 | By Author

Blog

Sobat Padinetter, pernahkan komputer sobat terserang oleh virus? Berikut lima virus komputer berbahata yang pernah menyerang komputer di berbagai negara.

 

1. Ransomware Wanna Decryptor (Wanna Cry).

Virus yang pernah menggemparkan seluruh dunia ini adalah sejenis malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci komputer milik korban, lalu kemudian semua dokumen dienkripsi, sehingga korban tidak bisa mengaksesnya lagi.Tujuannya adalah untuk meminta sejumlah uang tebusan dalam bentuk Bitcoin untuk menukarkannya dengan file yang dienkripsi oleh pelaku.

 

2. Stuxnet.

Stuxnet sempat menghebohkan dunia pada tahun 2010 yang menyerang program SCADA (System Control  and Data Acquisition). Bahkan, pelaku penyebarr virus ini mengancam akan meledakkan fasilitas nuklir Iran, menyerang stasiun pembangkit listrik, hingga melumpuhkan sistem keamanan nasional suatu negara. Karenanya, virus ini sering disebut dengan terorisme dunia maya.

 

3. Storm Worm.

Storm Worm sempat menginfeksi sekitar 1-50 juta pengguna komputer di seluruh dunia. Virus ini pertama kali tersebar pada tahun 2007 dengan cara mendistribusikannya melalui pesan email yang pesannya berisikan “230 dead as storm batters Europe”. Email yang terinfeksi mengandung file executable (jenis file yang dapat diterjemahkan dan dijalankan langsung oleh kernel tanpa aplikasi). Setelah dibuka, malware akan secara otomatis terinstal di komputer dan menjadi botnet (jaringan PC yang bisa dikontrol dari jarah jauh).  Akibat dari virus ini adalah berpengaruhnya terhadap kinerja komputer yang menjadi lemot.

 

4. Trojan

Virus yang bernama lengkap Trojan Horse ini menyerang komputer secara diam-diam. Program nampak seolah baik-baik saja, namun saat pengguna lengah, virus ini justru bertindak sangat agresif dengan merusak sistem dan membuatnya crash. Tujuannya adalah mencuri informasi data dan password yang tercatat pada komputer secara otomatis. Bahkan, Trojan bisa membuat penyerang mengendalikan komputer  dari jarak jauh. Namun, virus ini masih bisa diatasi dengan software Trojan Remover.

 

5. ILOVEU.

Virus ini menyerang melalui internet, tepatnya email yang berisikan kalimat “I Love U”. Bnayak orang yang tertipu membuka pesan ini karena dikira sebuah surat cinta. Namun, setelah membukanya virus bisa langsung menyebar ke 50 kontak pertama di email penerima. Jenis-jenis virus komputer semacam ini bisa diatasi dengan mengunduh security patch khusus dalam OS komputer.