Perkembangan Teknologi Nirkabel 1G sampai 5G

Mei 20, 2019 | By Author

Blog

 

Halo Padinetter. Pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi nirkabel pada handphone. Saat Ini yang banyak digunakan adalah teknologi 4G. Lalu sudah mulai bermunculan handphone dengan teknologi 5G. Berikut sejarah perkembangannya.

 

“G” pada setiap Teknologi pada1G, 2G, 3G, 3.5G, 4G Dan 5G adalah Generasi. Teknologi sekarang  sudah sangat maju dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya. GPRS adalah generasi pertamanya disusul dengan Edge dengan memberikan layanan agak cepat lalu 3G dengan menghadirkan layanan tercepat dan akhirnya teknologi sekarang 3.5G menyingkirkan semua dengan menghadirkan layanan sangat cepat untuk mengakses data, dan akan hadir layanan 5G.

 

1G.

Generasi pertama dari jaringan komunikasi. Jaringan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1980. Pada dasarnya 1G ini merupakan sinyal radio yang ditransmisikan dalam bentuk analog. 1G ini hanya dapat mengirim pesan teks dan membuat panggilan saja. Kelemahan jaringan ini adalah ketersediaan yang terbatas.

 

2G.

2G merupakan  generasi kedua dari teknologi seluler. Generasi ini lahir pada awal tahun 90-an.Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Tahukah anda? 2G adalah generasi pertama yang menawarkan layanan data dan pesan teks SMS. Berbicara tentang keuntungan, keuntungan dari jaringan 2G adalah memungkinkan konektivitas di seluruh dunia, dalam bentuk Semi Global Roaming. 2G/GSM ini mempunyai kemampuan transfer data 9,6 -14,4kbit/detik. Sangat rendah. Perbedaan mendasar jaringan 1G dan 2G ialah sinyal radio yang digunakan oleh jaringan 1G adalah analog, sedangkan 2G sudah berupa digital.

 

2.5G.

Akhir tahun 1997, dapat digunakan untuk transfer data ( dalam bentuk paket data ) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar ( MMS ), WAP ( Wireless Aplication Protocol ) , World Wide Web ( WWW ). GPRS mempunyai kecepatan data sebesar kurang lebih 115kbit/detik dan secara teori 160 kbit/detik. Setiap teknologi, ada kelebihan dan kelemahan masing-masing, kelemahan GPRS ialah data GPRS tak bisa dikirim saat panggilan suara berlangsung.

 

3G.

Antara tahun 2001-2003 lahirlah generasi ketiga. Jaringan ini tidak memakai frekuensi radio yang sama semacam 2G, maka dari itu pihak operator seluler harus membangun jaringan dan lisensi frekuensi yang sama sekali baru. Hal ini ditunjukkan oleh simbol 3G di sebelah bar sinyal. Jaringan ini memungkinkan kita untuk membuat panggilan video serta streaming video, dengan kecepatan unduh kurang lebih 3,1Mbps.

Gambar 7: 3.5G atau HSDPA (High-Speed Down-link Packet Access ). Teknologi ini mempunyai kecepatan unduh bisa hingga 14 megabit/detik ( sekitar 100 kali lipat dari GPRS ). Hal ini ditunjukkan oleh simbol H  sebelah bar sinyal.

 

4G.

Pada jaringan 4G ini terdiri dari 2 jenis yaitu 4G HSPA dan 4G LTE. HSPA+ ialah evolusi HSPA ( HSDPA dan HSUPA ). Teknologi ini memungkinkan melakukan unduh dengan kecepatan 168Mbps. Sekitar 1000 kali lipat lebih cepat daripada GPRS. Sedangkan 4G LTE merupakan kependekan dari Long Term Evolution, mengacu pada bagian dari teknologi seluler 4G yang belum sempurna. Karena pada dasarnya 4G merupakan salah satu teknologi seluler yang mengharuskan batasan kecepatan minimal sebesar 100Mbps.

 

5G.

Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada tahun 2020, sehingga sekarang masih terlalu dini untuk mengetahui seperti apa sih teknologi 5G tersebut. Saat ini, teknologi 5G ini masih sebuah konsep.  Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps.