5 Alasan Kenapa Website Mudah Dihack

Februari 28, 2019 | By Author

Blog

Meretas atau hack sebuah website bukanlah sebuah hal baru di Indonesia yang sering dilakukan oleh orang-orang tidak dikenal. Banyak alasan yang melatar belakangi seorang hacker ingin meretas sebuah website misalnya dengan alasan iseng, ajang balas dendam bahkan sebagai media mencari uang dengan mencuri data identitas orang-orang yang ada di website.

 

Pernah kah kalian merasa khawatir jika website yang kalian diretas mulai dari merubah tampilan website bahkah yang paling fatal hacker bisa mencuri data dari website kalian? Nah, kali ini PadiNET sebagai penyedia jasa internet di Surabaya, Jakarta, Bali dan Malang, PadiNET juga menyediakan layanan hosting dan VPS akan membagikan 5 alasan yang bisa membuat peretas dengan mudah “mengobrak-abrik” website kalian.

 

1.  Password kurang kuat
Ini adalah salah satu alasan yang paling sering dilakukan oleh user yaitu password yang digunakan kurang kuat. Hacker akan melakukan scanning  password  berdasarkan wordlist yang ada. Maka untuk itu, pastikan jika password kalian tidak mudah ditebak oleh siapapun.

 

2.   Plugin dan Tema Sembarangan
Plugin dan tema atau biasa disebut dengan template website  memang menjadi daya tarik tersendiri. Dibeberapa CMS seperti Wordpress plugin dan tema memang menjadi prioritas. Untuk itu pastikan kalian menggunakan plugin dan tema resmi. Jangan lupa untuk selalu lakukan update dan selalu pasang plugin security ya!

 

3.  Tidak Pernah Diupgrade
Sama halnya seperti plugin dan tema. CMS-nya pun kalau tidak pernah diupgrade juga menjadi sasaran empuk hacker. Pastikan CMS kalian baik itu Wordpress, Prestashop, Drupal, Joomla atau OpenChart selalu dalam versi terbaru.

 

4.  Server Abal-abal
Sebagai pondasi utama dalam berdirinya sebuah website, server merupakan hal yang penting. Baik hosting ataupun VPS memiliki peran yang penting dalam menjaga website dari serangan hacker. Pastikan website kalian tersimpan dihosting yang memiliki spesifikasi dan teknologi yang tinggi.

 

5.  Kurangnya Security Awareness
Kesadaran akan security awareness  atau keamanan website memang dibutuhkan oleh setiap orang. Baik yang pemula atau yang sudah ahli pun harus sadar dan up to date mengenai malware terbaru. Jadi hal-hal yang menjadi sasaran empuk hacker dalam menyerang website akan dikirimkan melalui email kalian.

 

 Sumber : https://www.domainesia.com/tips/5-alasan-mengapa-website-mudah-di-hack/