Apa saja keuntungan Wireless ?

Februari 04, 2019 | By Author

Blog

Wireless merupakan sebuah teknologi jaringan komputer yang sangat banyak diaplikasikan mulai era 90-an. Wireless mengacu pada sebuah teknologi yang memungkinkan sesuatu ditransmisikan tanpa menggunakan kabel sebagai penghantar. Manfaat jaringan komputer yang berpengaruh pada perubahan dunia seperti sekarang ini memiliki peranan penting, karena menghubungkan banyak orang di seluruh dunia.

Menurut sejarah wireless pertama kali muncul pada akhir tahun 1970-an. IBM mengeluarkan hasil percobaannya dalam merancang WLAN dengan teknologi IR, sementara perusahaan lain seperti Hewlett-Packard (HP) menguji WLAN dengan teknologi RF. Namun hasil uji coba kedua perusahaan tersebut belum memenuhi standar IEEE 802 untuk LAN yakni 1 Mbps sehingga belum dipasarkan. Baru pada tahun 1985, (FCC) menetapkan pita Industrial, Scientific dan Medis (ISM band) yaitu 902-928 MHz, 2.400-2483,5 MHz dan 5725-5850 MHz tidak terlisensi, sehingga pengembangan WLAN komersial memasuki tahapan serius.

PadiNet sebagai salah satu ISP yang beroperasi di Surabaya, Jakarta, Malang, Bali dan sekitarnya menyediakan layanan internet untuk bisnis anda dengan menggunakan media wireless. Media wireless memiliki keunggulan-keunggulan diantaranya:

  1. Kemudahan untuk melakukan instalasi
  2. Biaya pemasangan dan perawatan yang cenderung lebih murah
  3. Jangkauan yang luas
  4. Bisa menghantarkan data dengan kecepatan tinggi
  5. Fleksibel dalam penempatan. Wireless sangat memungkinkan lokasi yang tidak terjangkau dengan media kabel bisa tercover dengan internet dengan media wireless.

 

Sumber: https://www.tutorialjaringan.com/2017/02/kelebihan-dan-kekurangan-jaringan-wireless.html